Breaking News
Loading...
Wednesday, January 2, 2013



Masalah pencernaan yang terjadi akibat pola makan yang buruk seperti kembung, sembelit dan kram perut dapat diatasi dengan minum minuman dengan rasa pahit getir. Minuman ini bahkan juga diketahui dapat membantu menjaga berat badan tetap ideal.

Sejak zaman Mesir kuno, minuman tonik dengan rasa yang pahit telah digunakan untuk mengobati berbagai masalah pada perut serta dikonsumsi untuk mencegah kegemukan. Minuman seperti ini mungkin memiliki khasiat yang sama dengan jamu herbal dari ekstrak bahan alam atau teh tawar yang bisa Anda dapatkan dengan mudah.






Berikut daftar khasiat minum minuman dengan rasa yang sedikit pahit terhadap kesehatan secara keseluruhan, seperti dilansir naturalnews, Kamis (3/1/2013) antara lain:

1. Membantu detoksifikasi, mengeluarkan zat-zat beracun dari dalam tubuh
2. Mendorong aktivitas empedu, lambung dan pankreas
3. Merangsang kinerja hati
4. Memperlancar sistem pencernaan
5. Menghilangkan rasa mual, kembung dan kram perut
6. Mensterilkan saluran usus
7. Mengurangi peradangan
8. Melancarkan sembelit
9. Membersihkan darah
10. Meningkatkan energi
11. Meningkatkan fungsi kekebalan tubuh
13. Menenangkan depresi

Minum minuman dengan rasa yang sedikit pahit dapat menjaga berat badan dengan cara mempengaruhi organ hati. Hati yang sesak karena lemak, karbohidrat dan konsumsi gula yang berlebihan akan membuat hati tidak dapat berfungsi dengan baik.

Sehingga hati tidak dapat menawarkan racun yang masuk ke tubuh melalui makanan dan memecah lemak. Hal ini lama kelamaan dapat menyebabkan kenaikan berat badan.

Rasa pahit dapat memutus siklus tersebut dengan cara detoksifikasi hati dan meningkatkan produksi cairan empedu bersama dengan asam lambung. Sehingga sistem pencernaan dapat bekerja dengan lebih efisien dan sistem metabolisme tubuh dapat membatasi penyimpanan kelebihan lemak dalam tubuh.

Kenaikan berat badan biasanya terjadi selama liburan, dimana seseorang memiliki lebih banyak waktu untuk bersantai sambil menikmati makanan yang sarat gula dan karbohidrat. Hal ini juga dapat mengganggu sistem pencernaan, seperti menyebabkan perut kembung dan kram.

Minum minuman pahit sebelum atau segera setelah makan besar, dapat mengurangi efek samping tersebut. Para ahli juga meyatakan bahwa reseptor pahit di lidah dapat memicu produksi enzim pencernaan.

Kurangi makan makanan yang manis-manis dan padat kalori untuk mencegah kenaikan berat badan. Selain itu cobalah untuk minum minuman dengan rasa yang sedikit pahit seperti teh tawar atau minuman herbal lain seperti jamu tanpa tambahan gula untuk mendapatkan manfaat kesehatan yang ditawarkannya.

sumber | iniunic.blogspot.com | http://health.detik.com/read/2013/01/03/072624/2131791/766/minuman-pahit-bisa-atasi-gangguan-perut-cegah-kenaikan-berat-badan?l992205755

0 comments:

Post a Comment