Breaking News
Loading...
Wednesday, January 2, 2013




Sebuah fenomena alam akan terjadi pada awal tahun 2013 ini. Hal ini disebabkan karena sebuah hujan meteor diprediksi akan terlihat pada Kamis (3/1, red) subuh nanti.

Seperti yang dilansir oleh Space.com (2/1), Hujan Meteor Quadrantid ini akan dapat dilihat dengan mata telanjang pada Rabu (2/1) malam hingga Kamis (3/1) subuh besok. Ini merupakan hujan meteor kedua yang dapat dilihat oleh kasat mata akhir-akhir ini setelah sebelumnya pada Desember 2012 lalu juga terjadi Hujan Meteor Geminid.
Meteor dekati atmosfer bumi dengan kecepatan 145 km per jam


Hujan Meteor Quadrantid merupakan fenomena yang terjadi setiap tahunnya. Seperti Hujan Meteor Geminid, Quadrantid berasal dari pecahan asteroid bernama 2003 EH1. Asteroid ini sebelumnya telah mengelilingi matahari selama lebih dari 100 tahun.

Dalam siklusnya, asteroid ini akan melepaskan bongkahan-bongkahan kecil setiap tahunnya ke bumi. Bongkahan ini diperkirakan akan mendekati atmosfer bumi dengan kecepatan 145 kilometer per jam. Dengan kecepatan ini, bongkahan tersebut akan terbakar di atmosfer bumi pada ketinggian 80 kilometer di atas permukaan laut.


sumber | iniunic.blogspot.com | http://www.merdeka.com/teknologi/perhatikan-hujan-meteor-subuh-ini.html

0 comments:

Post a Comment