Breaking News
Loading...
Friday, January 4, 2013


kembali mencatat sebuah rekor, kali ini adalah rekor pria tertua di dunia. Adalah Jiroemon Kimura, seorang warga jepang yang masih hidup dan tercatat berumur 115 tahun 253 hari.

Ia mencatat pria tertua yang pernah ada, juga pria tertua yang masih hidup, dan manusia tertua yang masih hidup. Jiroemon berhasil mengalahkan pemegang rekor pria tertua di dunia yakni Thomas Peter Thorvald Kristian Ferdinand ‘Christian’ Mortensen yang hidup hingga 115 tahun dan 252 hari.

Sedangkan rekor pada 17 desember 2012 lalu, Jiroemon berhasil mengalahkan rekor Dina Manfredini yang memegang rekor manusia tertua di dunia yang masih hidup. Hari itu Dina meninggal, dan Jiroemon menjadi pemeghang rekor berikutnya.

Jiroemon yang tinggal di kota Kyotangp, Kyoto, lahir pada 19 April 1897 dan hanya satu dari tiga pria yan berhasil hidup hingga umur 115 tahun.


Official: Mr Kimura was declared the world's oldest by Guinness World Records earlier this month
Official: Mr Kimura was declared the world's oldest by Guinness World Records earlier this month
Celebration: Mr Kimura is handed a bouquet of flowers by a nurse as he is declared the record holder
Celebration: Mr Kimura is handed a bouquet of flowers by a nurse as he is declared the record holder

Jiroemon berhasil hidup melewati tiga abad, melihat perubahan sosial dan perkembangan teknologi termasuk penemuan kendaraan bermotor, televisi, internet, 6 dinasti kerajaan Inggris, 5 kekaisaran Jepang, dan 20 presiden Amerika Serikat.

Sejak 1914, Jiroemon bekerja di kantor pos. ia bekerja disana hingga umur 65 tahun ketika ia harus pensiun. Namun ia tetap bekerja sebagai petani hingga umur 90. Jiroemon pun memiliki keturunan 14 cucu, 25 cicit, dan 13 anak cicit.

Sepertinya yang memberikan Jiroemon hidup panjang adalah prinsip hidupnya, yakni, ‘makan sedikit, dan hidup panjang umur.’ Iapun meyakini bahwa kunci untuk hidup panjang umurnya adalah untuk selalu sehat, dan jangan makan banyak.

Jepang adalah negara dengan jumlah warga yang hidup di atas 100 tahun tertinggi di dunia. Okinawa adalah daerah yang memiliki konsentrasi warga di atas 100 tahun tertinggi. Rasio perbandingan warga di atas 100 tahun di okinawa mencapai 50 dari 100.000 orang.

Rekor umur rata-rata tertinggi juga dipegang jepang, dimana umur median-nya, yakni umur dimana terdapat jumlah yang sama antara umur diatas dan dibawahnya, terletak di angka umur 44,7.

Tapi rekor manusia tertua yang pernah hidup di dunia masih dipegang oleh Jeanne Calment dari Prancis yang berhasil hidup hingga umur 122 tahun dan 164 hari.


Supercentenarian: Jiroemon Kimura, the world's oldest man, celebrates his 115th birthday in Japan surrounded by family


Record books: These are the top 25 oldest people who have ever lived, according to the Gerontology Research Group



Jiroemon Kimura has been officially announced as the world's oldest person following the death of Dina Manfredini


Getting on: Jiroemon Kimura of Japan poses at his home after turning 114



 sumber | iniunic.blogspot.com | http://uniqpost.com/59368/jiroemon-pria-tertua-di-dunia-yang-masih-hidup-di-umur-115-tahun/

0 comments:

Post a Comment