Breaking News
Loading...
Thursday, January 3, 2013


Indonesia berhasil mempertahankan penghargaan President's Trophy pada ajang Parade Bunga Mawar ke-124 di Pasadena, California, AS, Senin (31/1/2012). Ajang ini merupakan pawai kendaraan hias yang diikuti 41 partisipan dari berbagai instansi negara bagian AS dan beberapa negara di dunia.

Menurut Wakil Delegasi Indonesia Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Noviendi Makalam, sudah merupakah target dari pihaknya untuk mempertahankan titel President's Trophy yang didapat juga tahun lalu.

Tahun lalu, kendaraan hias Indonesia juga mendapat President's Trophy sebagai penghargaan untuk peserta nonkomersial yang menggunakan bunga paling efektif pada kendaraan hias mereka.

"Walaupun kami sebetulnya belum puas dan seharusnya kita dapat tropi lebih tinggi lagi," kata Novendi, namun, lanjut dia, saat ini President's Trophy merupakan pencapaian tertinggi yang bisa didapatkan Indonesia untuk kategori nonkomersial.

Tahun ini Indonesia menampilkan dua kendaraan hias yaitu satu kendaraan hias kecil yang menampilkan obyek wisata stupa dan gamelan di Jawa Tengah, serta kendaraan besar yang menampilan wayang golek dalam wujud Krisna, Arjuna, dan Gatot Kaca.

Untuk mencapai penghargaan yang lebih tinggi tahun depan, menurut Noviendi, pemerintah dan swasta perlu melakukan sinergi. "Kita harus melakukan sinergi untuk mencapai penghargaan lebih tinggi pada Parade Bunga Mawar Pasadena 2014," ujarnya.

Noviendi, yang juga mantan Direktur Promosi Luar Negeri Kemenparekraf mengatakan keikutsertaan Indonesia pada Parade Bunga Mawar di Pasadena tersebut merupakan salah satu promosi pariwisata nasional di AS.

"Promosi pariwisata di AS tidak hanya dilakukan lewat penjualan melalui pihak ke tiga, tapi juga memperkenalkan Indonesia pada masyarakat luas di negeri itu," ujar Noviandi yang juga Ketua Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Bandung.

Sebelumnya di sela-sela penjurian, Menparekraf Mari Elka Pangestu mengatakan ajang tersebut, disaksikan oleh sekitar satu juta orang yang menonton parade secara langsung di sepanjang jalan, serta 34 juta orang penonton siaran televisi di AS.

"Tahun 1990-an kita pernah ikut dan selalu bagus dan dikenal. Itu selalu dikenang masyarakat AS, maka mudah bagi kita memulai lagi," ujarnya.

Keikutsertaan Indonesia pada Parade Bunga Mawar di Pasadena 2013 merupakan kali kedua setelah 16 tahun absen ikut pada kegiatan tersebut sejak 1996.

Pada 1992 dan 1995 Indonesia mendapat "Grand Marshall's Trophy" sebagai kendaraan hias yang memiliki konsep dan desain paling kreatif.




sumber | iniunic.blogspot.com | http://www.kaskus.co.id/thread/50e47b3a2c75b44f6500000f

0 comments:

Post a Comment