Breaking News
Loading...
Friday, January 4, 2013


tahukah kamu kalau gang motor di Indonesia sudah berlangsung sejah Zaman pemerintahan Hindia-Belanda? Berikut ini Photo Gang Motor Indonesia Zaman Hindia-Belanda (Cuman 1 Photo, wkwkwkw)


http://2.bp.blogspot.com/-qizksKk_m1Y/T45CtoCzWKI/AAAAAAAAB3M/XhxPqYI9E9g/s640/geng-motor-1915.jpg


Dalam buku "Krèta Sètan (de duivelswagen)" dikisahkan bagaimana John C. Potter memesan sendiri sepeda motor itu ke pabriknya, Hildebrand und Wolfmüller, di Muenchen, Jerman.

Sepeda motor itu tiba pada tahun 1893, satu tahun sebelum mobil pertama milik Sunan Solo (merk Benz tipe Carl Benz) tiba di Indonesia. Hal itu menjadikan J.C. Potter sebagai orang pertama di Indonesia yang menggunakan kendaraan bermotor. Selain itu, ada hal yang menarik apabila kita mengamati tahun kedatangan sepeda motor tersebut.



Untuk diketahui, sepeda motor pertama di dunia (Reitwagen) lahir di Jerman pada 1885 oleh Gottlieb Daimler dan Wilhelm Maybach tetapi belum dijual untuk umum. Tahun 1893, sepeda motor pertama yang dijual untuk umum dibuat oleh pabrik sepeda motor Hildebrand und Wolfmüller di Muenchen, Jerman. Sepeda motor ini pertama kali masuk ke Amerika Serikat pada tahun 1895 ketika seorang pemain sirkus asal Perancis membawanya ke New York.



sumber | iniunic.blogspot.com | http://unik-aneh.lintas.me/go/inkasaroha.blogspot.com/photo-gang-motor-indonesia-zaman-hindia-belanda/

0 comments:

Post a Comment