Breaking News
Loading...
Thursday, January 3, 2013



Chondrocladia lyra


Quote:CALIFORNIA, KOMPAS.com - Tim peneliti dari Monterey Bay Aquarium Research Institute (MBARI) di Moss Landing, California, menemukan spesies baru spons yeng berbentuk seperti harpa atau kecapi. Spesies ditemukan di lepas pantai California dan dinamai Chondrocladia lyra.

Dalam penelitian, im yang dipimpin oleh Dr Lonny Lundsten ini mengoleksi dua spesimen spons harpa dan merekam sepuluh individu lainnya yang dijumpai. Spesimen awalnya tampak cuma punya dua organ baling-baling, tapi penyelaman menunjukkan bahwa spesies itu punya hingga enam organ serupa.

Dilaporkan Daily Mail, Selasa (6/11/2012), lain dari spons biasanya yang merupakan pemakan bakteri atau material organik di dasar laut, spons harpa masuk golongan karnivora atau pemakan daging.

Spesies ini punya ciri khas pada kakinya. Bagian kaki memiliki semacam pengait yang berguna untuk menangkap Crustacea sebelum membungkusnya dengan membran tipis dan mencernanya perlahan sebagai mangsa.

Spons harpa diperkirakan hidup di kedalaman 3,3 - 3,5 km.
Menurut para ilmuwan, spesies ini berevolusi untuk memiliki organ serupa baling-baling sehingga memiliki jangkauan yang lebih luas untuk menangkap mangsa.

Dalam publikasinya di jurnal Invertebrate Biology, tim MBARI mengatakan, "C. lyra adalah salah satu contoh mengagumkan tentang adaptasi hewan agar bisa tetap eksis di lingkungan yang penuh dengan kompetisi."

Sumber : Daily Mail


Wow
Kenapa wow? Krn sepengetahuan ane tak ada hewan spons atau anggota fillum Porifera yg bersifat karnivora, biasanya hidup dr bahan2 organik yg masuk ke dalam saluran air dlm tubuhnya; tp yg ini lain
Pertanyaan selanjutnya adl: bagaimana tipe saluran air utk jenis ini?
Pilihan jawaban:

Spoilerfor saluran air Porifera:




sumber | iniunic.blogspot.com | http://www.kaskus.co.id/thread/509ca6c2e574b4a80800002c

0 comments:

Post a Comment