Breaking News
Loading...
Friday, December 21, 2012


Seselesainya gue mem-booking tiket ke Sulawesi dengan harga super murah, bahkan lebih murah dari tiket travel Bandung - Jakarta, dan nge-share tiket gue di twitter. Tetiba twitter gue ramai dengan hujatan dan kata dengki. Malah sampai ada yang lempar botol aqua sama bungkus konidin ke TL twitter gue saking iri-nya karena gue dapat tiket murah banget. Lebay sih tapi yah itu yang gue bisa tuliskan untuk menggambarkan suasana malam itu, saking riuh-nya. MUAHAHAHA )

Tiket murah !! Gue tanya sekarang, siapa sih yang gak mau dapet tiket pesawat seharga softek 13 biji yang pernah gue beli di alfamart ?? Gue beli softek itu agak malu-malu soalnya gue cowok, tapi akhirnya gue beli juga setelah sedikit menyamar pakai topeng baja hitam RX, serial superhero dari Jepang dengan kolor besi. Gue buru-buru bayar terus gak pakai ngambil kembaliannya, soalnya si mbak penjaga kasir sudah masang muka mesem pas lihat gue beli softek 13 biji. Tapi walaupun malu, gue tetap berhasil bawa softek itu pulang ke rumah !! Yes, I am the Man with a thirteen softek !! Kenapa jadi ngomongin softek yah ?? #SalahFokus

Jadi gini nih, dengan desakan dan suruhan bar-bar beberapa teman di twitter untuk segera mem-posting tentang cara mencari tiket pesawat murah. Akhirnya gue dengan terpaksa harus posting juga. Dengan resiko, saingan pemburuan tiket murah akan lebih sengit seiring bergulirnya postingan tips mencari tiket murah ini.

P. S : buat kalian yang nyuruh gue nulis postingan ini dan merasa mendapat manfaat dari tulisan ini, hukumnya adalah WAJIB COMMENT !! kalau nggak, gue doain gak mati-mati !! kenapa gue doain gak mati-mati dan bukannya mati ?? soalnya mati lebih baik daripada menjomblo <--- #MendadakCurhat #TapiGakNyambung #BodoAmatBlogGueIni #HestekKepanjanganDis #BodoAmat -____-"

Buat para backpacker, tiket murah adalah hal yang paling dicari selain pahala dari Tuhan. Bahkan, saking addict-nya sama tiket murah, ada beberapa backpacker sesat yang menganggap Air Asia adalah Tuhan mereka, karena telah memberikan jalan menuju destinasi-destinasi yang mereka inginkan.

"Air Asia is my God" kata seorang backpacker Indonesia yang mempunyai blog bernama www.whateverbackpacker.com !! Itu gue dong yah berarti ?? *toyor diri sendiri*

Jadi, menurut pengalaman gue yang sudah setahun ini berkecimpung di dunia per-booking-an tiket murah ini, ada beberapa maskapai pesawat terbang yang bisa kita bilang sebagai low cost flight alias budget flight alias gak-peduli-pesawatnya-kaya-gimana-yang-penting-bisa-terbang.

Untuk maskapai luar yang melayani penerbangan ke luar negeri ada beberapa maskapai murah, diantaranya adalah Air Asia, Tiger Airways, Cebu Pacific Air, Jet Star Air, dan lain-lain.

Sementara untuk maskapai lokal yang walaupun beberapa diantaranya juga melayani penerbangan ke luar negeri, kalian bisa pilih Batavia Air, Lion Air, Mandala Air (yang menurut rumor bakal ada lagi) dan yang paling baru adalah Citilink, anak dari GarudaIndonesia Air.

Sebagai catatan penting, beberapa maskapai lokal sering banget delay dan kadang juga pilotnya sering lupa gimana cara mendarat yang baik dan benar. Sebaiknya kalau naik maskapai lokal yang sering kecelakaan, gue saranin doa dulu banyak-banyak sama Tuhan, minta ampun dan jangan lupa pamitan dulu sama orang tua yah. *evil laugh* MUAHAHAHA..

Selesai nge-bacotnya, sekarang gue mau ngasih beberapa tips, how to get a cheap tickets !!

1. Siapin Komputer !! Jangan buka web maskapai penerbangan pakai rice cooker, apalagi kalkulator !! Gak akan bisa !!

2. Yakinkan, komputer lo nyala dan terkoneksi dengan internet !! *diseruduk yang baca*

3. Untuk memudahkan, bookmark web maskapai-maskapai penerbangan murah tersebut.

4. Selalu pantau web maskapai-maskapai tersebut untuk mengetahui promo-promonya. Biasanya, Air Asia akan memberikan promo-promo selama 2 minggu, lalu berganti lagi ke promo yang lain. Untuk maskapai lain, rajin-rajinlah ngecek web nya.

5. Untuk beberapa maskapai penerbangan, buatlah account atau ID maskapai tersebut untuk memudahkan dan mempercepat dalam proses booking. Contohnya ; Air Asia. Setelah punya account, misalnya AirAsia ID. Isi lah info pengguna sejelas mungkin, kenapa ?? karena eh karena, sekali lagi itu akan mempercepat lo dalam proses booking tiket.

6. Pilih destinasi yang jarang orang pilih. Contohnya maskapai tersebut akan memberikan promo dari Jakarta ke berbagai negara di Asia Tenggara. Nah, pasti Singapur atau Malaysia akan banyak yang memilih, coba kalian pilih ke Vietnam atau gak ke Neraka, niscaya akan cepat ter-booking tiketnya.

7. Kalau pun misalnya pengen ke negara yang pasti banyak peminatnya, coba booking dari tempat lain, misalnya dari Bandung atau Surabaya, yang penting bukan Jakarta.

8. Karena ini adalah tiket promo, maka persaingan akan banyak, yang mencoba booking sama kaya lo bakal banyak banget dan otomatis web mereka akan melambat dan lemot banget. Contohnya Air Asia yang saat ada promo besar-besaran, mereka akan menempatkan orang-orang yang mau booking tiket itu ke "waiting room" mereka terlebih dahulu. Nah disini seni-nya, buat lo yang sudah punya account-nya, coba terus refresh web itu, jangan mau nunggu lama, atau salah satu cara lainnya adalah coba buka tab baru. Buka juga dengan 2 atau 3 browser langsung, Mozilla, Google Chrome dan IE misalnya. Kadang pakai Hape juga bisa lebih cepet loh.

9. Ini yang gue lupa, SIAPIN DUIT DI REKENING BANK !! Untuk pembayaran, lo gak bisa masukin duit ke CPU #yakalii. Tiket promo ini gak bisa dibeli langsung ke counter maskapainya atau bandara, mereka cuma bisa online, maka pembayarannya pun hanya bisa melalui credit card atau nggak Klik BCA, untuk beberapa maskapai seperti Citilink, lo bisa pakai ATM. Dan untuk mempermurah pembelian tiket, nanti akan ada option pilih kursi tempat duduk, bagasi dan asuransi, pilih NO atau CANCEL semua, dengan memilih itu maka tiket lo akan tetap murah.

10. Lebih cepat menggunakan klik BCA untuk pembayaran daripada credit card, kalau credit card ribet ngisi form. nya. (menurut pengalaman gue) Kalau ada yang nanya gimana bikin klik BCA ?? JANGAN TANYA GUE, GUE BUKAN TUKANG JAGAIN BANK !!

11. Untuk beberapa maskapai penerbangan luar, mereka nggak bisa nerima pembayaran melalui bank lokal. Harus pake credit card. Nah, buat yang gak punya credit card, boleh pakai jasa credit card untuk pem-booking-an yang banyak ada di kaskus, tinggal search aja.

12. Semisal lo beli tiket untuk 2 orang atau lebih, disini kegunaan Air Asia ID berperan penting. Kalian bisa input beberapa data identitas orang terdekat kalian, saat proses pengisian data penumpang kalian gak usah repot ngisi satu persatu data mereka. Tinggal klik aja data identitas penumpang yang telah kalian input sebelumnya ke ID kalian.

13. Terakhir, S-A-B-A-R !! Nyari tiket murah itu kaya main game online. Bisa sampai berjam-jam, kalau gak bisa booking pas malem hari, coba pas pagi harinya, kalo tetep gak bisa coba siang harinya, kalau tetep gak dapet coba beli ale-ale terus gosok penutupnya, siapa tahu dapat tiket dari sono. MUAHAHAHAHA..

Nah, kan sudah gue kasih nih beberapa tips-nya. Sekarang kalau ada yang bilang gue cuma ngada-ngada doang kasih tips-nya. Nih, gue kasih bukti beberapa tiket murah yang gue pernah dapet.

  • Air Asia : Jakarta - Kuala Lumpur, Malaysia - Jakarta = 95.000 IDR
  • Citilink : Surabaya - Makassar, Ujung Pandang - Surabaya = 158.000 IDR
  • Citilink : Jakarta - Surabaya = 79.000 IDR
  • Air Asia : Jakarta - Ho Chi Minh City, Vietnam = 259.000 IDR
  • Air Asia = Denpasar, Bali - Bandung (2 person) = 579.000 IDR
  • Air Asia : Bandung - Kuala Lumpur, Malaysia - Bandung = 224.000 IDR
  • Citilink : Jakarta - Banjarmasin = 79.000 IDR
  • Tiger Airways : Jakarta - Manilla - Kalibo - Hongkong = Rp. 183.000 IDR


Yang penting booking tiket murah aja dulu. masalah ada uang buat nge-trip-nya-mah dipikirin nanti aja. #backpacker HUAHAHAHA )



sumber | iniunic.blogspot.com | http://www.kaskus.co.id/thread/50c4bd570975b4030b000000

0 comments:

Post a Comment