Breaking News
Loading...
Sunday, December 30, 2012


Ilustrasi dok : motivatweet.com 

 Di hari liburan menjelang pergantian tahun seperti sekarang, kebanyakan mahasiswa menghabiskan sebagian besar waktunya hanya untuk bersantai atau hang out bersama teman.


Memang tidak ada salahnya kita bersantai di waktu liburan seperti sekarang, namun ada baiknya jika kita mulai membuat beberapa resolusi untuk tahun 2013 yang sudah berada di ujung mata.

Tidak perlu muluk-muluk, kita bisa mulai dengan membuat resolusi yang sederhana, realistis, dan memungkinkan untuk dilakukan. Tujuannya supaya bisa mencapai sejumlah target yang. Lalu apa saja hal tersebut?

Seperti dikutip dari Her Campus (27/12/2012),  ada beberapa hal yang menyebabkan target kita di 2012 tidak tercapai. Disampaikan pula cara-cara yang bisa kita gunakan untuk mengatasi hal tersebut.

Stres
Dalam membangun hubungan yang baik dengan orang lain, tentunya kita harus memulai dengan menjaga kesehatan mental kita sendiri. Namun, terkadang ada hal-hal tertentu yang kita memaksakan otak untuk bekerja keras, sehingga tak jarang hal tersebut akhirnya membuat kita stres.

Untuk mengatasi hal ini, setiap hari kita bisa menuliskan satu sifat baik dan buruk dari diri kita, serta satu tujuan yang ingin kita capai di masa depan. Cobalah menuliskan aspek positif,  dan aspek negatif, satu tujuan masa depan untuk diri sendiri.
         
Melakukan program diet

Diet merupakan salah satu target mahasiswa yang banyak ditulis dalam daftar resolusi. Ini wajar, sebab siapa yang tidak ingin memiliki postur tubuh yang proporsional?

Berbagai cara pun digunakan untuk mencapai hal tersebut, salah satunya dengan melakukan diet. Namun hal itu tidaklah mudah untuk dilakukan, apalagi jika kita merupakan “penggila” makanan manis seperti cokelat. 

Kita tidak harus mengambil tindakan ekstrem dengan langsung memutuskan hubungan dengan si manis berwarna hitam ini, tapi kita bisa mulai dengan mengurangi jumlah konsumsinya secara bertahap. Misalkan, sebelumnya setiap hari kita mengonsumsi cokelat. Mulai sekarang kita bisa menguranginya dengan memakan cokelat empat kali saja dalam seminggu. Setelah berhasil, barulah kita melakukan tahap berikutnya yaitu memakan cokelat dua kali dalam seminggu dan seterusnya.

Malas

Sebagian dari kita sering menunda-nunda atau membatalkan kegiatan hanya karena malas. Seperti halnya saat kita menunda waktu untuk menyelesaikan tugas kuliah hanya karena keasyikkan nge-Tweet. Untuk mengatasi hal ini, kita dapat menuliskan daftar kegiatan yang harus dan penting untuk dilakukan pada kalender ataupun dengan mengaktifkan pengingat (alarm) di ponsel kita.

Hidup Tidak Terorganisir
Jika sepanjang 2012 ini kehidupan kita cenderung tidak teratur dan mengerjakan sesuatu sesuka hati, mulai sekarang kita bisa membuat daftar rencana kegiatan untuk menata hidup menjadi lebih baik di 2013 nanti.

Misalkan, menjelang ujian biasanya kita belajar dengan sistem kebut semalam (SKS) sehingga hasil yang diperoleh pun tidak maksimal. Untuk mengatasi hal itu, kita bisa mulai mengatur jadwal belajar. Namun tidak perlu memaksakan diri untuk belajar terlalu lama, cukup dengan 30 menit atau satu jam setiap harinya. Jadi kita bisa mempersiapkan diri untuk menghadapi ujian dari jauh-jauh hari.
Memang tidak mudah untuk mengubah kebiasaan buruk yang sudah melekat dalam diri kita. Oleh karena itu, kita bisa mulai dengan mengambil satu langkah kecil untuk mencapai tujuan. Karena, kita cenderung akan lebih mudah mencapai tujuan yang kita rencanakan jika kita memulainya dengan satu langkah kecil.

Jadi ingatlah, untuk mengubah kebiasaan diperlukan waktu dan untuk mencapai target resolusi dibutuhkan usaha yang kuat.

Cobalah mulai mempelajari target di pagi hari dan membuat checklist setiap kali mencapai target. Mulailah melakukan dari hal-hal yang kecil

Semoga Anda bisa menjadi insan yang lebih baik di tahun 2013 nanti...


RESOLUSI BUAT TAHUN BARU 2013 ala meme

 


sumber | iniunic.blogspot.com | http://www.facebook.com/photo.php?fbid=220118101446765&set=a.150098455115397.13491.150096141782295&type=1&relevant_count=1

0 comments:

Post a Comment