Breaking News
Loading...
Tuesday, December 18, 2012



Otoritas China mempergencar penangkapan anggota sekte "jahat" yang dituduh telah menyebarkan rumor kiamat. Lebih dari 400 orang anggota sekte "Almighty God" telah ditangkap di Provinsi Qinghai. Sementara puluhan lainnya ditahan di wilayah-wilayah lainnya.

Demikian diberitakan media pemerintah China, China Central Television (CCTV) seperti dilansir kantor berita AFP, Selasa (18/12/2012).

"Anggota sekte "Almighty God" ini berpegang pada skenario kiamat suku Maya untuk memprediksi bahwa matahari tidak lagi bersinar dan listrik akan terputus selama 3 hari sejak tanggal 21 Desember," demikian pernyataan Biro Keamanan Publik wilayah Xining, Provinsi Qinghai.




Menurut polisi, anggota sekte tersebut dengan sengaja menyebarkan selebaran yang berisi soal kiamat dunia dan menyebarkan rumor tersebut secara luas ke masyarakat. Efeknya, warga China pun menjadi panik dan memborong lilin serta perlengkapan bertahan hidup lainnya.

Diketahui bahwa sekte "Almighty God" telah mendapat tindakan keras dari pemerintah China sebelumnya. Tepatnya, karena sekte tersebut terang-terangan mengutarakan rencananya untuk menghancurkan Partai Komunis China yang kini berkuasa.

Ratusan anggota kelompok tersebut telah ditangkap sejak pekan lalu. "Jumlah yang Anda lihat di pemberitaan-pemberitaan media itu benar adanya," kata juru bicara pemerintah di Qinghai kepada AFP.

Sebelumnya, kantor berita resmi China, Xinhua melaporkan, 37 anggota "Almighty God" telah ditahan di Qinghai pada Senin, 17 Desember kemarin. Sementara 56 orang lainnya ditahan di wilayah-wilayah China lainnya karena menyebarkan rumor bahwa dunia akan kiamat pada 21 Desember, saat berakhirnya kalender suku Maya.

sumber | iniunic.blogspot.com | http://news.detik.com/read/2012/12/18/182849/2121755/1148/sebarka-rumor-kiamat-lebih-dari-400-oran-telah-ditangkap-di-china?991101mainnews

0 comments:

Post a Comment