Breaking News
Loading...
Friday, December 21, 2012






Kehadiran Foxconn akan Jadi Pesaing BlackBerry di Indonesia
Kamis, 20/09/2012 15:09 WIB

Jakarta - Produsen smartphone asal Kanada, BlackBerry (RIM) hingga kini belum berencana masuk ke Indonesia. BlackBerry lebih membangun unit produksinya di Negeri Jiran Malaysia. Namun kini ada Foxconn, produsen komponen handphone asal Taiwan yang siap masuk Indonesia. Menteri Perindustrian MS Hidayat mengatakan kehadiran Foxconn akan memberi peluang bagi Indonesia memiliki produk handphone (HP) dengan merek lokal. Bahkan secara perlahan, diperkirakan produk HP lokal yang diproduksi Foxconn tersebut bakal menggerus pasar BlackBerry di Indonesia.

Hidayat mengatakan, saat ini BlackBerry sebagai perusahaan global sedang mengalami penurunan kinerja. Dari seluruh pasar BlackBerry di dunia, hanya di Indonesia yang marketnya masih bagus. "Di negara lain turun. Kita sudah ajak dua kali mereka tapi mereka tetap memutuskan di Malaysia. Ya sudah nanti pasarnya yang dia harapkan dipenuhi oleh BlackBerry kita compete saja oleh produksi kita sendiri, itu cara kita sendiri," katanya di Kediaman Hidayat, Jakarta, Kamis (20/9/2012).

Sikap produsen smartphone asal Kanada itu sudah ditanggapi oleh beberapa pejabat pemerintah. Misalnya Wakil Menteri Perdagangan Bayu Krisnamurthi pernah mengungkapkan kekesalannya. Bayu mengaku kecewa dengan lebih dipilihnya Malaysia sebagai tujuan ekspansi Research In Motion (RIM) sebagai produsen BlackBerry. "Kita kecewa kepada RIM, kenapa dia bikin disitu (Malaysia), pasarnya yang besar disini kok," ungkap Bayu beberapa waktu lalu.
http://finance.detik..com/read/2012/...y-di-indonesia



Produsen Komponen iPad Gelontorkan Rp 95 Triliun Bangun Pabrik di Cikande
Kamis, 16/08/2012 13:04 WIB

Jakarta - Foxconn Technology Group asal Taiwan siap menggelontorkan investasi hingga US$ 10 miliar atau kurang lebih Rp 95 triliun. Tanpa bertele-tele, Foxconn bakal memproduksi handphone (HP) mulai akhir tahun ini. "Mereka mau investasi US$ 10 miliar selama 5 tahun," kata Menteri Perindustrian MS Hidayat kepada detikFinance, Rabu (15/8/2012)

Hidayat menambahkan secara bertahap Foxconn akan membuat produk HP rakitannya di dalam negeri. Kemudian mereka akan melakukan diversifikasi produk selain HP. Tahap selanjutnya mereka akan menggandeng mitra lokal untuk membuat produk smartphone dan sebagainya. "Kalau dia sudah masuk, akan mengarah ke local brand, kita usulkan akan ada mitra dari BUMN seperti INTI punya pengalaman membuat HP, juga dengan Polytron," katanya.

Seperti diketahui, Foxconn Technology Group adalah perusahaan manufaktur yang berasal dari Taiwan yang memproduksi komponen-komponen elektronik untuk beberapa merk terkenal seperti Apple, Nokia. Foxconn Technology Group (Foxconn) tertarik untuk membangun pabrik di Indonesia. Foxconn adalah perusahaan manufaktur mitra Apple. Salah satu produksinya adalah iPad. Foxconn sendiri telah berinvestasi di Brasil dan berencana untuk menambah lima fasilitas produksi baru di negara itu.

Foxconn digadang-gadang akan membuka pabriknya di Kawasan industri Modern Cikande atau ModernCikande Industrial Estate (MCIE). MCIE berlokasi di Cikande, Serang, Banten; kira-kira 68 km dari Jakarta, 75 km dari Pelabuhan Tanjung Priok dan 50 km dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta.
http://finance.detik..com/read/2012/...ik-di-cikande?




Gita Wirjawan Pastikan Pabrik iPad Mulai Produksi 25 Desember 2012
Jumat, 31/08/2012 15:33 WIB

Jakarta - Pemerintah semakin yakin dan memastikan pabrik iPad, Foxconn Technology Group akan mulai berproduksi pada tanggal 25 Desember tahun ini. "Pembicaraan Indonesia dengan mereka masih tetap, Jadwal-nya 25 Desember dia dipastikan harus sudah produksi tahap 1 yang kecilnya," ungkap Menteri Perdagangan, Gita Wirjawan saat ditemui di Kantor Kementerian Perdagangan, Jalan Ridwan Rais Jakarta, Jumat (31/8/12).

Ia menuturkan juga, untuk produksi tahap kedua akan dimulai pertengahan tahun depan setelah produksi tahap awal sebesar 3 juta unit produk telah selesai. "Nanti keduanya pertengahan tahun, kalau sudah gitu dia harus terus produksi," katanya. Saat ini, tim dari Foxconn telah melakukan banyak survei dan koordinasi dengan pemerintah Indonesia yang menunjukkan keseriusannya. "Mereka juga sudah banyak bolak balik sana sini," imbuhnya.

Gita juga memastikan, pemerintah akan menjamin kesejahteraan para tenga kerja dari pabrik tersebut, pasalnya di Taiwan, beberapa tenaga kerja yang bekerja di pabrik yang serupa melakukan aksi bunuh diri secara bergantian. Hal ini disebabkan karena tekanan keras yang berat dan jam kerja yang sangat padat. "Untuk hal itu, tidak lah, ita tidak akan mentolerir hal hal seperti itu," pungkas Gita.

Seperti diketahui, Foxconn Technology Group adalah perusahaan manufaktur yang berasal dari Taiwan yang memproduksi komponen-komponen elektronik untuk beberapa merek terkenal seperti Apple dan Nokia. ModernCikande Industrial Estate (MCIE) menjadi calon kuat lokasi pembangunan pabrik Foxconn. Hari ini rencananya pihak Foxconn akan memutuskan apakah lokasi tersebut menjadi lokasi pabrik mereka. Foxconn akan menggunakan lahan 5.000 meter persegi untuk pabrik perakitan HP mereka. Foxconn akan membeli pabrik dengan luas 4000
meter yang rencananya akan direnovasi di kawasan ModernCikande Industrial Estate.
http://finance.detik..com/read/2012/...desember-2012?

--------------

dalam persaingan pasar global dewasa ini, salah sedikit saja merancang strategi dan perencanaan ke depan, pasti bisa habis di makan perusahaan lain yang lebih agressif. Bahkan pabrik-pabrik modern otomotive dan elektronik serta komputer, kini ramai-ramai pindahkan pabriknya ke China, Thailan dan Indonesia serta India. Indonesia memang termasuk favorit karena pasarnya besar dan konsumennya agak boros



sumber | iniunic.blogspot.com | http://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016819840/nyesel--rim-disalip-foxcon-bikin-pabrik-di-indonesia-produknya-iphone5-saingi-bb/

0 comments:

Post a Comment