Breaking News
Loading...
Thursday, December 20, 2012



Tahta Suci Vatikan adalah negara mungil di tengah Kota Roma, Italia. Meskipun mungil, di sinilah Sri Paus memimpin keuskupan gereja Katolik. Liburan Natal serasa maksimal jika bertandang ke Vatikan.

Luas Vatikan hanya 44 hektar atau sepertiga kawasan Gelora Bung Karno. Akses utamanya adalah lapangan Santo Peter yang terkenal. Kalau boleh dikatakan, batas negaranya hanya berupa pagar pendek di pinggir lapangan elips ini. detikTravel pernah menyambangi Vatikan beberapa waktu lalu.


img

Pengunjung bisa datang dari segala arah menuju lapangan ini. Gereja utama Vatikan, Basilika Santo Peter yang besar sudah menunggu mereka. Di tengah lapangan terdapat tugu Obelisk dan dua kolam air mancur.

Jika ingin menuju basilika, pengunjung harus melewati detektor logam di sisi Utara lapangan. Namun di Vatikan harus sopan. Pengunjung harus berpakaian menutup bahu dan tertutup sampai di bawah lutut. Rok mini dan tank top jelas-jelas dilarang.

Dalam perjalanan menuju basilika, pengunjung akan melewati pintu menuju kediaman Paus Benediktus XVI. Pintu ini dijaga pasukan Swiss Guard. Tamu yang ingin bertemu Paus, melapor kepada mereka. Yang menarik tentu saja kostum mereka yang berwarna merah, biru dan kuning seperti baju karnaval. Mereka boleh difoto, namun tidak boleh berfoto bersama wisatawan.


img

Penunjung pun beranjak menuju basilika. Ukurannya memang luar biasa, 220 x 150 meter dan tinggi menjulang 138 meter sampai ke puncak kubah. Langit-langit basiliki dihias indah dengan ornamen emas dan lukisan di langit-langit.

Di dalam basilika terdapat 80 tempat penting berupa puluhan kapel,altar dan monumen. Namun para jemaat tidak berdoa di ruang utama basilika. Jemaat diberikan tempat khusus di Chapel of Blessed Sacrament agar tidak terganggu pengunjung yang hilir mudik.

Di tengah basilika terdapat altar utama untuk Paus. Altar ini berhias kanopi perunggu yang disebut Baldacchino. Di bawah altar terdapat jalan menuju makam Santo Peter. Para Paus yang meninggal dimakamkan di tempat bernama Grottoes dan Necropolis di bawah basilika.


img

Namun ada jenazah dari 3 Paus yang ditempatkan tersebar di basilika. Mereka adalah Paus Innocent XI, Paus Pius X, dan Paus Johannes XXIII. Jenazah ditempatkan dalam peti kaca kedap udara. Pengunjung bisa melihat jenazah mereka yang diawetkan.

Selain Basilika Santo Peter, masih ada lagi Museum Vatikan yang berisi koleksi barang-barang seni milik Vatikan. Ada juga kantor pos satu-satunya milik negara Vatikan, jika anda ingin mengirim kartu pos dengan cap Vatikan. Atau jika anda ingin kembali ke Italia, cukup menyeberang jalan di depan lapangan Santo Peter.

Dilansir Strait Times, untuk menyambut Natal tahun ini, Vatikan sudah berhias dengan pohon natal raksasa di lapangan Santo Peter. Pada malam hari, lampu-lampu akan dinyalakan dan pohon natal ini akan tampil megah sekaligus mempercantik Vatikan. Rayakan Natal yang berkesan langsung dari Vatikan.


imgimgimg

sumber | iniunic.blogspot.com | http://travel.detik.com/read/2012/12/21/085100/2124169/1383/natal-yang-maksimal-di-vatikan

0 comments:

Post a Comment