Breaking News
Loading...
Tuesday, December 25, 2012



Maratus volans, lebih dikenal sebagai Laba-laba Merak (Peacock Spider), adalah mahluk kecil yang lucu dan dandy. Jantan dari spesies ini memiliki dua sirip bundar di kedua sisi perutnya yang berwarna cemerlang yang dapat dilipat ke bawah dekat terhadap sisi tubuh, seperti selendang. Pewarnaan brilian bukan hanya untuk hiasan, namun juga digunakan untuk memikat pasangannya.


Maratus volans
Untuk mendapatkan perhatian dari laba-laba betina, pejantan pertama-tama menggoyangkan kakinya, menggetarkan perutnya dan bergerak dari sisi ke sisi. Dia juga mengangkat kaki ketiga yang memiliki sikat bulu hitam dengan ujung putih. Dan kemudian seperti burung merak, ia mengangkat kedua siripnya yang megah berwarna cemerlang dan tarian untuk sang betina. Jurusnya yang terakhir inilah yang membuat seluruh genus Maratus diberi nama Laba-laba Merak (Peacock Spider).

Laba-laba Merak sangat kecil - hanya empat milimeter panjangnya. Bersembunyi di semak-semak, dan oleh karenanya keindahan mahluk imut ini sering terlewatkan oleh orang-orang yang melintas di ladang semak Australia, tapi tidak bagi Dr Jurgen Otto yang mengabadikan laba-laba ini lewat kameranya.

"Saya memiliki mata yang sangat tajam untuk hal-hal kecil", kata Dr Jurgen Otto. "Ketika saya berjalan di sekitar semak-semak saya biasanya melihat ke tanah. Ada seekor laba-laba yang tampak berbeda dengan laba-laba lain yang pernah kulihat sebelumnya sehingga membuat saya sangat penasaran ... dan saya mengambil beberapa foto. "

Foto-foto menunjukkan jumping spider yang paling luar biasa yang pernah diketahui.










Spesies lain dari laba-laba Merak yang sama-sama mengesankan.

Maratus speciosus
Nama umum dari spesies ini adalah laba-laba merak coastal. Hanya baru-baru ini disebut Saitis specious, tapi karena sangat mirip dengan spesies lain dari genus Maratus, maka laba-laba ini sekarang termasuk dalam genus ini. Rambut berwarna oranye hanya terlihat saat siripnya mengembang. Salah satu spesies yang paling mencolok dalam genus Maratus, dapat ditemukan di kota metropolitan Perth.




Maratus harrisi
Spesies ini pertama kali difoto oleh Stuart Harris pada bulan Desember 2008, namun butuh 3 tahun kemudian untuk spesimen lain dapat ditemukan yang kemudian bisa dijelaskan secara ilmiah. Spesimen yang kini bersarang di Museum Australia sebagai holotipe dan spesies ini dinamai harrisi untuk menghormati Stuart Harris. Spesimen yang Anda lihat ini adalah yang ketiga yang pernah difoto. Ini juga datang dari Booroomba Rocks di Canberra dan dikumpulkan oleh Stuart.




Maratus linnaei

Maratus mungaich

Undescribed species of Maratus from Tasmania

Undescribed species of Maratus from Sydney

Maratus amabilis

Darlington's peacock spider

Maratus splendens


sumber | iniunic.blogspot.com | http://versesofuniverse.blogspot.com/2012/12/laba-laba-merak-peacock-spider.html

0 comments:

Post a Comment