Breaking News
Loading...
Sunday, December 30, 2012


Sebuah kata biasanya tersusun dari beberapa huruf yang jumlahnya tidak lebih dari 10 kata. Tapi, percayakah Anda jika ada sebuah kata yang tersusun dari 189.891 huruf?



Ternyata, seperti dilansir Odditycentral, Jumat (23/11/2012), kata tersebut memang ada. Kata ini adalah nama untuk sebuah senyawa kimia yang merupakan protein pada tubuh manusia.

Senyawa ini dikodekan oleh gen TTN dengan nama pendek Titin. Nama lengkap Titin inilah yang memiliki huruf sepanjang 189 ribu. Di Wikipedia, senyawa ini tertulis dalam bentuk singkat "Methionylthreonylthreonylglutaminylarginyl...isoleucine". Tak heran, jika butuh waktu 3,5 jam untuk mengucapkannya.

Saking panjangnya, tidak ada satu pun kamus yang memuat kata ini. Kamus Inggris hanya memuat singkatan dan formula dari senyawa tersebut.

Kenapa bisa panjang?

Kata Titin ini terdiri dari 244 unsur terpisah dengan bilangan exon terbesar, yaitu 363. Nama Titin sendiri diambil dari dewa Yunani bernama Titan yang dipercaya memiliki kekuatan sangat besar.

Bagi yang masih belum percaya, Anda bisa melihat video berikut. Video berdurasi 3 jam 33 menit ini memperlihatkan seorang pria Rusia mengucapkan bentuk asli dari Senyawa Titin.

Awalnya, pria ini mengucapkan kata tersebut dengan jelas. Namun, lama-lama, ia mengucapkannya seperti sedang kumur-kumur hingga bosan dan mengantuk. Berikut videonya ( durasi 3,5 jam lebih )
sumber | iniunic.blogspot.com | http://sdftyujklvbn.blogspot.com/2012/12/ini-dia-kata-terpanjang-di-dunia-butuh.html#axzz2Gbwbe9tj

0 comments:

Post a Comment